Jumat, 01 Oktober 2010

LBM 1 BLOK 1 LEARNING N COMUNICATION

STEP 1
1. LONG LIFE LEARNING : BELAJAR SEPANJANG HAYAT
2. DEEP LEARNING : PEMAHAMAN SECARA MENDALAM
3. SELF DIRECTED LEARNING : MENGARAHKAN DIRI UNTUK BELAJAR SUKA RELA DAN MOTIVASI DIRI
4. ADAB : KETENTUAN

STEP 2
1. METODE BELAJAR
2. ADAB MENUNTUT ILMU
3. ADAB MENUNTUT ILMU DENGAN METODE BELAJAR PBL

STEP 3
PBL
1. PENGERTIAN: BELAJAR MELALUI MASALAH SEBAGAI LANGKAH AWAL DLM MENGINTERAKSIKAN PENGETAHUAN BARU
2. MANFAAT : DIDIK UNTUK BELAJAR MANDIRI, AKTIF, KREATIF, BERPIKIR KRITIS, TERPACU UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN
3. CARA PELAKSANAAN : SGD DENGAN SEVEN JUMP STEP, STUDENT CENTER
4. ALASAN MENGGUNAKAN SISTEM PBL : EFEKTIF UNTUK FKG, AGAR TDK TERTINGGAL DGN KEMAJUAN TEKNOLOGI
5. KENDALA PBL : BIAYA MAHAL, TERBATAS SARANA DAN PRASARANA, ADAPTASI MHS DARI YANG BELUM AKTIF

BELAJAR MANDIRI
1. PENGERTIAN :AKTIF DALAM MENCARI BAHAN2 DAN PENGETAHUAN SECARA LUAS
2. TUJUAN :, MENCARI SOLVING
3. CARA PELAKSANAAN : MENCARI SUMBER, MEMPUNYAI SUDY PLAN
4. MANFAAT : AKTIF, KREATIF

DEEP LEARNING
1. PENGERTIAN :PEMAHAMAN SECARA MENDALAM
2. TUJUAN : MENCAPAI KEEFEKTIFAN BELAJAR
3. CARA PELAKSANAAN : SECARA DETAIL
4. MANFAAT : AKAN LEBIH LAMA DIINGAT

SELF DIRECTED LEARNING
1. PENGERTIAN : MENGARAHKAN DIRI UNTUK BELAJAR
2. TUJUAN : TUJUAN BELAJAR TERCAPAI
3. CARA PELAKSANAAN : TERFOKUS DALAM POKOK, STUDY PLAN
4. MANFAAT : KREATIF, MANDIRI, DISIPLIN WAKTU

LONG LIFE LEARNING
1. PENGERTIAN: BELAJAR SEPANJANG HAYAT
2. TUJUAN : MENGEJAR ILMU PENGETAHUAN YANG SEMAKIN BERKEMBANG
3. CARA PELAKSANAAN ; MENGHARGAI WAKTU, MENGUPDATE ILMU PENGETAHUAN
4. MANFAAT : AGAR TIDAK TERTINGGAL PENGETAHUANNYA, PENGETAHUAN LUAS

ADAB MENUNTUT ILMU BAGI SEORANG MUSLIM
1. PENGERTIAN : KETENTUAN MENUNTUT ILMU SECARA ISLAM
2. TUJUAN :MENJADIKAN GENERASI KHOIRU UMMAH


STEP 4
mapping



Step7
PBL
1. Pengertian: Metode pendididkan yg mendorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerja sama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah2 didunia nyata
Proses pembelajaran yg titik awal pembelajaran berdasarkan masalah lalu mslh ini mhssw dirangsang untk mempelajarai mslh berdsrkn prior knowlage, & dari pk trsbt akan menjadi pngtahuan baru
Mtd pnddkn yg mndrng ssw untk bljr mandiri yg disimulasikan untk berpkr krits & anlistis srta mampu mendapatkan & menggunakan secara tpt sumber2 pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan yang baru

2. Manfaat:
• mhssw bisa terampil lbh mahir menciptakan solusi
• kreativitas suatu proyek bs membantu perkembangan pertumbuhan individu
• mbrkan kemampuan kognitiv & motivasi yg meningkatkan pengetahuan
• pelajar lbh realistis dan aktiv mengatur pembelajaran

3. Cara pelaksanaan: 5 jump step, diskusi klmpk kcl yg menggunakan metode 7 jump step
4. Tujuan: siswa akan lbh termotivasi untuk memecahkan masalah & diharapkan dpt mengikuti jenjang pencapaian belajar
Mahasiswa akan terbiasa berpikir kritis dlm mengidentifikasi mslh, serta aktif dlm menyelesaikannya
Untk meningkatkan materi ajar & kecakapan mahasiswa untk bekal LLL
Kendala: perubahan kurikulum shng perlu adabtasi(disiplin mengatur wkt bljr, tahu cara berkonsentrasi), keterbatasan sarana & fasilitas untk mendukung kerjasama
5. Sejarah: PBL kedokteran 1 diMc Master University kanada (1966)
6. Dimana diterapkan system PBL? : PBL telah diadobsi scr keseluruhan / sebagian olh fakultas kedokteran didunia
7. Model belajar: (LI)
• Surface learning: proses pembelajaran pd detai / pembagian tertentu & berusaha mengulangnya dengan tepat
• Deep learning: mencapai pemahaman menyeluruh, berdiskusi, & merefleksikan
8. Apa saja bentuk2 PBL? (LI)
9.


Deep Learning
1. Pengertian:
• Proses belajar yg mendorong mhs mencari tahu & menilai secara kritis iptek yg dipelajari shngg mhs memahami apa yg dipelajari scr mendalam & lama disertai tujuan penddkn yg lbh luas

2. Manfaat:
• Dpt mencapai pemahaman lbh baik
• Mhs dpt merasa puas dgn kemajuan akademik krn pemahaman ilmunya
• tersimpan di long term memori

3. Tujuan:
• Dpt memahami & mengartikulasikan (menjabarkan) scr mendalam


Belajar mandiri
1. Pengertian:
• Strategi bljr bersifat individual
• Individu mengambil inisiatif dgn/ tanpa bantuan orang lain
• Konsep bljr yg akn mengantar diri mhs menemukan strategi bljr yg plng efektif scr mandiri

2. Cara pelaksanaan:
• Membuat jadwal unk membaca bhn ajar
• Melakukan komunikasi
• Disiplin pembelajaran

3. Ciri2 DARI BLJR MENDIRI (LI)
4. mengapa mhs perlu mendidik diri untk bm (LI)
5. perilaku yg harus dimiliki mhs untuk BM (LI)

Self directed learning
1. Pengertian:
• Sebuah proses dmn seorng memiliki inisiatif & tnggung jwb untk merangsan tujuan sampai efaluasi bljr mendiri
• Suatu metode bljr dmn mhs mempunyai tang jwb utama dlm perencanaan plksanaan & penilaian hsl bljr
• Penerapan pembelajaran eksperensial dlm mengembangkan self regulated learning (LI) mhs

2. prinsip dasar:
• Parsitipasi sukarela
• Semangat kolaborasi
• Aksi & refleksi
• Kritis
3. Ciri2 (LI)


Long Life L
1. pengertian:
• bjr tdk hanya masa kanak2/ kelas ttp berlangsung sepanjang hidup& dalam berbagai situasi
• hadis= mnsia ditekankan untk menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat
• memperbarui & meningkatkan pengetahuan&ketrampilan dlm kehidupan berkelanjutan

2. Tujuan:
• Sll memperbarui pengetahuan yg menghadapi tantangan baru dlm kehidupan kita

3. Manfaat:
• Sll memperleh pengetahuan br, yg sesuai dgn perkembangan zaman
• Meningkatkan kualitas bljr
• Sebagai ibadah


Adab menuntut ilmu
1. Pengertian:
• Sesuatu yg hrs kita ketahui agar ilmu tsb bermanfaat bg kita & orang lain

2. Manfaat:
• Untk menghilangkan kebodohan dari dirinya & orang lain
• Dpt menerima perbedaan pendapat
• Mengamalkan ilmu
• Mencari kebenaran

3. Ciri2:
• Semata mata atas ridho Allah
• Hormat pd guru
• Ketika bljr jangan berbicara sndr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar