Jumat, 01 Oktober 2010

LBM 3 BLOK 1 CRITICAL THINKING

Step 1

1. berfikir kritis :
Seseorang yang cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah
2. berfikir cerdas
Seseorang yang berfikir tepat dan akurat dlm menghadapi mslh
3. sintesis
diserap
4. karang gigi
Salah satu Penyebab karies gigi
5. jaringan pendukung
Bagian2 gigi yang dpt membantu gi2 menempel pd gusi
6.berfikir logis
Berfikir berdasarkan dengan bukti


Step 2

1. cara berfikir kritis
2. strategi dalam memecahkan kasus

topic utama : berfikir kritis dalam memecahkan kasus

step 3

*berfikir kritis
Pengertian : Seseorang yang cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah
Tyjuan : untuk mengembangkan pengetahuan, lebih cepat dan tanggap dlm menjawab suatu masalah
Cara : selalu mengupdate pengetahuan,berani mengungkapkan pendapat, strategi pemecahan kasus,menggunakan bahasa yang tepat dan akurat, dilakukannya sintesis

Manfaat : mendapat pengetahuan yg lebih luas, dapat menyelesaikan masalah dengan tepat,
Hambatan/ kedala :kurang percaya diri
Cirri mahasiswa yg berfikir kritis : tanggap menghadapi masalah, memiliki rasa ingin tahu yang besar,
(LI : CARA, LANGHAH, STRATEGI)


1. berfikir cerdas
pengertian : Seseorang yang berfikir tepat dan akurat dlm menghadapi mslh
cara : mencari sumber belajar yang tepat, rajin belajar dan berlatih, dilakukannya sintesisdilakukannya sintesis


tujuan : dapat menyelesaikan masalah dengan mudah
cirri mhsswa yg brfkir cerdas : aktif dsn kreatif dlm menyelesaikan masalah
manfaat : lebih mudah mengikuti perkembangan jaman pengembangan pengetahuan,


hambatan/kendala :kurangnya sarana prasarana, rasa malas

2. berfikir logis
pengertian : Berfikir berdasarkan dengan bukti
cara : mencari fakta2 yang mendukung dlm menyelesaikan masalah,

*perbedaan antaraberfikir logis dan berfikir cerdas : lebih dilandasi dengan fakta2 dengan berfikir cerdas dan berfikir logis



3. terdapat reasoning yang jelas
pengertian : alas an setelah berfikir dan untuk mengambil keputusan, pendapat/ sumber yang jelas untuk meyakinkan suatu jawaban.
tujuan : untuk mengambil keputusan,untuk mendapatkan jawaban yang terpercaya,sebagai landasan yang jelas,

*hubungan reasoning dengan berfikir(LI)

STEP 7

1. CRITICALTHINKING
PENGERTIAN : BERFIKIR SECARA LOGIS DAN OBJEKTIF(LINDA),
AKTIF,GIGIH DAN HATI2, MEMPERTIMBANGKAN APA YG SEHARUSNYA DIYAKINI DR PENGETAHUAN DG ALASAN YG MENDUKUNGNYA(EGA)PROSES DAN KEMAMPUAN UTK MEMAHAMI KONSEP, MENERANGKAN,MENSINTESIS, DAN MENGEVALUASI INFORMASI YG DIDAPAT/ DIHASILKAN(MITHA),BERFIKIR DENGAN BENAR BERDASARKAN PENGETAHUAN YANG RELEVAN DAN REIABLE / CR BERFIKIR YNG BERALASAN, BERTANGGUNG JAWAB DAN MAHIR.(YOGI)
KESIMPULAN :CARA BERFIKIR YANG DIAWALI DENGAN MEMAHAMI KONSEP, MENERANGKAN SECARA LOGIS DAN OBJEKTIF,MENSINTESIS DAN MENGEVALUASI INFORMASI DENGAN ALASAN YANG MENDUKUNG.

2.TUJUAN : UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH KLINIS SEBAGAI PRASYARST DR KOMPETENSI CLINICAL REASONING (LINDA), DENGAN (VIA)
KESIMPULAN :MENYELESAIKAN MAALAH DENGAN TEPAT BERDASARKAN ANALISIS INFORMASI DAN PENGETAHUAN YG DIMILIKI.

CARA BERFIKIR KRITIS
BERFIKIR SECARA AKTIF DENGAN MENGGUNAKAN INTELEGENSIA(HANNA),PEMBELAJARAN KOLABORATIF MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL(MITHA),DENGAN CERMAT MENGGALI SITUASI DENGAN CARA MENGAJUKAN PERTANYAAN DAN MENJAWAB DENGAN RELEVAN(EGA)

LANGKAH LANGKAH :
• BUAT PENDAPAT DAN KUMPULKAN ARGUMENTASI YANG MENDUKUNG, PECAHKAN ARGUMENTASI YG ANDA DPTKN PD LNGKAH PRTMA.
• MENYUSUN ARGUMEN()DIAN

• MENENTUKAN TUJUAN(1)
• MEMIKIRKAN TTG SUBYEKNYA(2)
• MENCARI SUMBER INFORMASI(3)
• BERTANYA
• MENGUMPULKAN DALAM POLA POLA PEMAHAMAN (FAHMI)

• MENENTUKAN JAWABAN YG RASIONAL (MITHA)

• MEREVIEW CRITICAL THINKING YANG TELAH DILAKUKAN(VIA)

STRATEGI :
MENEKANKAN PD PENGATURAN SISWA AGAR BELAJAR BEKERJA SAMA DALAM KELOMPOK(CLS). (HANNA)
MEMBERIKAN PEMBELAJARAN YANG AMBIGU(LINDA) http://www.fkip-uninus.org/index.php/artikel-fkip-uninus-bandung/artikel-pendidikan/58

METODE DISKUSI DAN STUDI KSUS(YOGI)
PENGGUNAAN PERTANYAAN(ERNA)
MENENTUKAN FAKTA FAKTA DI DALAM SITUASI BARU(MITA)
DIADAKANNYA DIALOG(BERTI)
PEMBERIAN TUGAS MENULIS(MIRA)

CIRI :
TERBIASA INGIN TAHU
BANYAK PENGETAHUAN
MENYAMPAIKAN ALASAN YANG TERPERCAYA
BIJAKSANA DI DALAM MEMBUAT PENILAIAN
FOKUS DI DALAM PEMERIKSAAN(FAHMI)

BERFIKIR CERDAS :
CARA BERFIKIR DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP PRINSIP LOGIS SECARA CEPAT DAN TEPAT (VIA)

CARA :
• MEMBENTUK HUBUNGAN ANTARA PERSOALAN PERSOALAN YANG BERBEDA
• BERFIKIR SECARA BERLAWANAN(YOGI)
• MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGHADAPI KESEMPATAN(EGA)

TUJUAN : =
CIRI : =

REASONING

PENGERTIAN : KEGIATAN BERFIKIR UNTUK MENGHASILKAN SUATU KESIMPULAN(MITHA)
CARA BERFIKIR YG TEPAT BAGI SISWA YANG DIHARAPKAN MENJADI AGEN ANALITIS DENGAN KEMAMUAN UNTUK MEMECAHKAN MASALAH BAGI DIRI SENDIRI DAN MASYARAKAT(EGA)
PROSES MENGELOLA INFORMASI YANG HASILNY ITU ADALAH LANGKAH LANGKAH(LINDA)
KESIMPULAN : PROSES MENGELOLA INFORMASI YANG MENGHASILKAN SUATU KSIMPULAN UNTUK MEMECAHKAN SUATU MASALAH

KENDALA:

• BURU
• DANGKAL
• KABUR/TIDAK JELAS
• TIDAK TERORGANISIR()FAHMI

HAL HAL YANG MEMPENGARUHI REASONING :

• FAKTOR SUBYEKTIF DAN OBYEKTIF(MITA)

HUBUNGAN REASONING DENGAN BERFIKIR KRITIS :

• DALAM PROSES MENGKONSTRUKSI PENGETAHUAN/ PENGAMBILAN KEPUTUSAN()MITHA
• JIKA DILAKUKAN DENGAN BENAR, REASONING PASTI AKAN MENERAPKAN PRINSIP2 CT(FAHMI)

LANGKAH LANGKAH :

• MEMBACA DAN BERFIKIR
• MERENCANAKAN DAN MENGEKSPLORASI
• MENYELEKSI STRATEGI
• MENEMUKAN JAWABAN
• REFLEKSI DAN PERLUASAN(MITHA)

HUBUNGAN BERFIKIR KRITIS,ERDAS.LOGIS

DALAM BERFIKIR KRITIS SESEORANG HARUS BERFIKIR LOGIS, DAN OUTPUTNYA ADALAH BERFIKIR CERDAS.(LINDA)

BERFIKIR LOGIS :
BERFIKIR DALAM KERANGKA SEBAB DAN AKIBATYANG PADA GILIRANNYA BRARTI BAHWA BERFIKIR SEKUENSIAL/BERURUTAN(EGA
BERFIKIR SESUAI/ BERDASARKAN HUKUM HUKUM BERFIKIR (VIA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar