Jumat, 01 Oktober 2010

LBM 5 BLOK 1 ANAMNESA

Step 1
*Anamnesis : suatu teknik pemeriksaan yang dilakukan doktr kpd pasien melalui wawancara unk mengetahui penyakit pa yg dialami pasien, pengambilan data oleh dokter dilakukan dg wawancara
*Empati : kepampuan seseorng unk mengenali dan meraskan perasaan orang lain tanpa harus larut kdlmnya
*Etika : sopan santun, nilai atau kwalitas yg mejd studi mengenai standart dan menilaian moral
*KOmunikasi secara islami : tatacara berkomunikasi berdasarkan kaidah2 islam
*tekhnik komunikasi : kemampuan dalam berkomunikasi
*Edukasi : proses belajar

Step 2
Komunikasi dan empati pada pasien secara islami

Tata cara komunikasi dan etika pada pasien secara islami dengan alur pikiran anamnesis

Anamnesis pasien dengan memperhatikan nilai2 etika secara islamiah

Anamnesis dengan cara berkomunikasi berdasarkan etika yang sesuai pada nilai ismlami


Step 3
1. Anamnesis
Pengertian : suatu teknik pemeriksaan yang dilakukan dokter kepada pasien melalui wawancara untuk mengetahui penyakit apa yg dialami pasien, pengambilan data oleh dokter dilakukan dg wawancara

Tujuan : untuk mendapat data dan informasi dari pasien tentang permaslahan yang dialmi pasien
Alur pikiran : pendekatan sistematik atau isi anamnesis, mulai berpikir atas organ mana yg terkena, menggunakan problem center interview, anamnesis menggunakan keterampilan inter personal, menggunakan beberapa konsep dasar

Persiapan anamnesis : menguasai cara berkomunikasi yang baik

Hasil yang didapat anamnesis : kemungkinan diagnosis, diagnosis banding, factor prediposisi dan factor resiko, kemungkinan penyebab penyakit, factor prognostic,

Jenis anamnesis : autoanamnesis, heteroanamnesis/alloanamnesis

Syarat2 anamnesis :
- keterbukaan antara pasien dan dokter
- menguasai cara berkomunikasi



2. Berkomunikasi secara islami
pengertiannya : tatacara berkomunikasi berdasarkan kaidah2 islam, tatacara berinteraksi berdasarkan nilai2 islam

Tujuan komunikasi dilakukan : tercapai kesinambungan antara pasien dan dokter sesuai kaidah2 islam, mendapatkan data yang lengkap dan akurat dalam anamnesis

Bagaimana cara beretika secara islami? Menjaga sikap yg baik

Mengapa dilakukan etika berkomunikasi scr islami?

Tekhnik berkomunikasi : kontak mata antara pasien dan dokter, menghadapi pasien dg wajah cerah dan ramah, memanusiakan manusia

Macam2 komunikasi??
Komunikasi verbal dan nonverbal
Nonverbal : body language

peran dokter (komunkasi)
mempunyai kemapmpuan untuk menciptakan dan membina komunikasi pasien dg keluarganya,

edukasi atau pendidikan kepada pasien dan keluarganya (komunikasi)

tujuan : sedikit banyak dapat diperkirakan keakuratan data yg diperoleh serta dapat ditentukan pola pendekatan anamnesis.


3. Empati pada pasien
Empati adalah : kepampuan seseorng untuk mengenali dan meraskan perasaan orang lain tanpa harus larut kedalamnya

Mengapa seorang dokter hrs berempati pd pasien?? Supaya dokter bisa mengetahui apa yg dirasakan pasien, untuk membina sambung rasa pada pasien










Step 4
Mapping















Step 5
Semua step 3 adalah LI

Step 6
Belajar mandiri

Step 7
1. Anamnesis
Pengertian :
• Suatu teknik pemeriksaan yg dilakukan lewat suatu percakapan antara dokter dan pasien secr langsung atau dg orang lain yg mengetahui ttg kondisi pasien untuk mendapatkan data pasian dan permasalahan medisnya

• Pengambilan data yang dilakukan oleh seorang dokter dengan serangkaian wawancara dengan pasien atau keluarga pasien atau dlm keadaan tertentu dengan penolong pasien
• Suatu teknik pemeriksaan yg dilakukan dokter kepada pasien melalui wawancara untuk mengetahui penyakit apa yg dialami pasien

Tujuan :
• Untuk memperoleh data dan informasi tentang permasalahn yg sedang dialami atau dirasakn pasien
• Membangun hubungan baik atara dokter dg pasien

Alur pikiran :
1. pendekatan sistematik
2. mulai berfikir ats organ mana yg terkena dan jgn berpikirr ttg penyakit apa
3. mengembangkan pola problem center interview
4. anamnesis menggunakan keterampilan intrapersonal
5. mengembangkan konsep dasar untuk wawancara dan mengetahui interpretasinya

Persiapan anamnesis :
• dokter membekali diri dg kemampuan teori atau ilmu pengetahuan kedokteran yg memadahi


Hasil yg didapat anamnesis :
• Dapat mengetahui penyakit atau kondisi yg plg mungkin mendasari keluhan pasien
• Kesimpulan yang berupa diagnosis tunggal atau diagnosis banding dr beberapa penyakit



Jenis anamnesis :
• Autoanamnesis : anamnesis yg dilakukan langsung pada pasien
• Alloanamnesis/heteroanamnesis : didapat dari informasi orang lain

Syarat2 anamnesis :
• Mempunyai kemampuan untuk menciptakan dan membina komunikasi
• Terdapat kerjasama yang baik antara dokter dan pasien agar dokter memperoleh informasi yg benar

Tantangan dalam anamnesis :
• Pasien yang tertutup
• Pasien yg terlalu banyak keluhan
• Hambatan bahasa atau intelektual
• Pasien yang cenderung marah dan menyalahkan

Hal-hal yang diperlukan dalam anamnesis agar dapat hasil yg maksimal
1. memerlukan keterampilan khusus dr dokter
2. diperlukan kerjasama yg baik dr pasien agar dokter dpt memperoleh informasi yg benar
3. pasien dg penyakit jiwa

hal2 yg diperhatikan dokter dlm melakukan anamnesis
1. tempat dan suasana
2. penampilan dokter
3. perikasa kartu dan data pasien
4. dorongan pada pasien untuk menceritakan keluhannya
5. menggunkan bahasa atau istilah yg dimengerti
6. membuat catatan
7. memperhatikan pasien
8. menggunakan metode yg sistematis

proses anamnesis :
1. model directed : dokter aktif dan memimpin percakapan
2. model non directed : dokter lbh pasif dan pasien yag aktif menceritakan keluhan

sistematika anamnesis
1. data umum pasien
2. keluhan utama
3. riwayat penyakit sekarang
4. riwayat penyakit dahuuu
5. riwayat penyaki keluarga
6. riwayat kebiasan atau sosial
7. anamnesis sistem atau resume

kapan anamnesis dikatakan tidak relevan?
Pasien yang cenderung ingin menceritakan semua hal sebanyak-banyaknya. Pasien seperti ini biasanya banyak menyampaikan hal-hal yang tidak relevan

Bagaiman anamnesis disebut valid?
Anamnesis yang baik adalah anamnesis yang diikuti dengan pemeriksaan fisik salah satu pemeriksaan adalah hasil lab

2. berkomunikasi
pengertiannya :
• pertukaran pikiran ,pesan atau informsi seperti melaui pembicaraan, tulisan antara dua atau lebih manusia
• pemberitahuan sesuatu dr satu pihak kepihak lain dg menggunakan suatu media
• keg perilaku atau keg penyampaian pesan atau informasi ttg pikiran atau perasaan
• proses penyampaian pikiran, pesan atau informasi yg disampaikan secara langsung atau tidak langsung dr satu pihak kepihak lain

Tujuan komunikasi dilakukan antara pasien ddan dokter :
• untuk mengarahkan proses penggalian riwayat penyakit lebih akurat untuk dokter
• lebih memberikan dukungan pd pasien
• membantu memberikan pilihan dalam upaya penyelesaian maslah keshatan pasien
• menfasilitasi tercapainya mencapaian tujuan k2 belah pihak
• dokter dpt memahami kondisi pasien secara lengkap yg diperlukan dlm menegakkan diagnosis dan perencanaan tindakan untuk menyelesaikan mslh keshtan pasien

tujuan komunikasi secara umum :
• mempelajari atau mengajarkan sesuatu
• mempengaruhi perilaku seseorang
• menjelaskan perilaku sendiri atau orang lain



Tekhnik berkomunikasi :
• menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaiakan dengan lingkungan
• menggunakan gerakan tubuh yg sopan dan wajar
• tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
• menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang tejadi
• mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara
• menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara yang baik
• menggunakan komunikasi nonverbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti berjabat tangan, merunduk, hormat, ces,cipika-cipiki

jenis-jenis2 komunikasi
berdasarkan …….(li)
• Verbal : Tanya jwab antara dokter dan pasien
• Nonverbal : ditunjukkan melalui body language

Jenis-jenis komunikasi menurut ……(li)
• Langsung : tanpa menggunakan alat
• Tak langsung : menggunakan alat dan mekanismenya dilipat gandakan jumlah penerima pesan

Pendekatan komunikasi dalam kedokteran
• Illness centered communication style atau patient centered communication style
Komunikasi berdasarkan apa yg dirasakan pasien ttg penyakitnya yg secara individu merupakan penglama unik. Disini termasuk pendapat pasien, kekhawatirannya, apa yg mjd kepentingannya serta apa yg dipikirkannya
• Disease centered communication style atau doctor centered communication style
Komunikasi berdasarkan kepentingan dokter dalam usaha menegakkan diagnosis, termasuk penyelidikan dan penalran klinik mengenai tanda dan gejala-gejala

Komunikasi berdasarkan bentuk : (mira+erna)
• Komunikasi persona
• Komunikasi kelompok : komunikasi kelompok kecil,diskusi panel, forum, seminar
• Komunikasi massa : pers
• Komunikasi medio : surat, email,panflet,poster, brosur






proses komunikasi











jenis komunikasi berdasarkan tahap
• Primer : proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang kpd orang lain dg menggunakan lambang sebagai media
• Sekunder : proses penyampaian pesan oleh se2org pd org lain dg menggunakan alat atau sarana sebg media

3. peran dokter :
• Dokter dpt mngetahui dg baik kondisi pasien dan keluarganya dan pasien pun percaya sepenuhnya terhadap dokter
• Dokter dpt melakukan menejemen pengelolaan masalah kshtan bersama pasien, berdasarkan kebutuhan pasien

4.Tujuan edukasi atau pendidikan kepada pasien dan keluarganya
• Memberikan penjelasan mengenai penyakit, terapi,atau apapun secara jelas dan detail
• Meluruskan persepsi yg keliru
• Memberikan penjelasan mengenai hal2 yg ingin diketahui dan yg akan dijalani agar pasien tidak terjebak oleh pikirannya sendiri

Pengertian pendidikan kepada pasien :
Salah satu hak pasien adalah mendapatkan informasi tentang penyakitnya. Informasi itulah yang merupakan pendidikan sehingga dokter harus menjelaskan pada pasien sampai jelas dengan menggunakan bahasa yang dipahami pasien

Kapan kita hrs melakukan pendidikan pada pasien ??
Saat terjadi hubungan dokter dan pasien dan pada saat itu dokter memberikan penjelasan tentang penyakit pasien

Bagaiman hubungan dokter dan pasien supaya pendidkan dari dokter itu di jalankan oleh pasien??
Kerjasama antara dokter-pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan. Maksudtnya dokter yang menjelaskan tentang penyakit yang diderita pasien hendaknya pasien memahami tentang penyakitnya itu.

Sikap dan perilaku dokter yg seperti apa ketika memberikan pendidikan pada pasien??
Sikap dokter yang memberikan pendidikan pada pasien, dia akan bersedia mendengarkan secara aktif keluhan pasien serta bersikap empati pada pasien. Salah satu tugas dokter adlah memberikan informasi pada pasien. dokter hendaknya memberikan penjelasan yang dipahami pasien untuk mempermudah dapat melalui gambar.

Penjelasan apa saja yang harus ada ketika melakukan pendidikan ke pasien??
- penjelasan tentang penyakitnya
- penjelsan tentang cara penyembuhan
- penjelasan tentang pencegahan
- penjelasan tentang factor-faktor yang mempengaruhi penyakit





5.Empati pada pasien
Empati adalah :
• kemampuan seseorang untuk mengerti perasaan, pikiran dan keinginan orang lain dilandasi kepedulian tanpa larut didalamnya
• kemapuan sesorang untuk share feeling yg dilandasi kepedulian

Mengapa seorang dokter hrs berempati pd pasien??
• Agar dokter dapat memahami keluhan pasien
• Menolong pasien untuk mengungkapkan perasaanya







REVERENSI

Djauzi Samsurudjal. Komunikasi dan Empati Dalam hubungan Dokter-pasien

Uchajana Effendi,Onong, Ilmu komunikasi, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung 1992

Drs. Juswan Setyawan

Konsil Kedokteran Indonesia
KOMUNIKASI EFEKTIF DOKTER-PASIEN
Jakarta 2006

dr.Razi http://razimaulana.wordpress.com/2008/12/02/anamnesis/

Ann mariner, Toney, guide to nursing management and ledership, Mosby year book inc 1996.

Elaine.L.Monica, kepemimpinan dan management keperawatan, pendekatan bersdasarkan pengalaman, penerbit buku kedokteran EGC 1998

www.unm.edu.communication,./devalenz/handouts/defcomm.html.

www.selfgrowth.com/empathy in commnunication..articless/winnett.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar