Jumat, 01 Oktober 2010

LBM 2 BLOK 1 LEARNING RESOURCE & IT

LBM 2 LEARNING RESOURCE & IT

STEP 1

Learning resource : Sumber belajar
Learning issue : tujuan pembelajaran
Ensiklopedia : buku yg berisi cab. Ilmu pengetahuan berdasar abjad
Buku-buku teks : buku yg dibuat utk sumber belajar
Tutorial : system pembelajaran berdasarkan student centre
Jurnal-jurnal : suatu artikel yang ada penelitiannya, disertai sumber yg valid.


STEP 2

Topic : mencari informasi dari berbagai learning resource
Mencari sumber belajar untuk tercapainya tujuan pembelajaran
Mencari informasi dari berbagai sumber belajar utk tercapainya tuj. Pembelajaran.


STEP 3

1. learning resource
definisi : sumber belajar
tujuan : utk mencapai tuj.pembelajaran
manfaat : menambah pengetahuan, memudahkan dalam belajar
cara mendapatkan : browsing internet, aktif mencari bahan di perpus
macam2 : buku teks, surat kabar, jurnal, ensiklopedia, internet
alasan : karena banyaknya masalh yg harus diselesaikan.
dampak tidak menggunakan learning resource : gaptek, tidak terselesaikannya learning issue.
kapan digunakannya sumber belajar : saat mendapat learning issue, saat belajar mandiri.
bagaimana sumber belajar yg ideal ? : yang paling up 2 date dan valid
bagaimana cara mendapatkan sumber informasi; buku teks, ensiklopedia, jurnal : di perpustakaan, internet.


2. komputer dengan fasilitas internet
bentuk informasi yg didapat dr internet : jurnal, artikel, laporan kasus, E book.
manfaat : memudahakan kita mendapatkan learning resource, tidak gaptek.
kendala : biasanya kurang valid (ex; dr blog, .com, )
kelebihan : informasi global & up2date
kekurangan : biaya mahal dg waktu yg lama

3. media cetak
bentuk informasi yang didapat ; buku teks, ensiklopedia, jurnal.

STEP 4

Konsep mapping


















STEP 5
Learning issue : semuanya !


STEP 6 ( hasiill BM )

1.) Learning resource (sumber belajar)
a. definisi :
• semua sumber yang dapat dipakai oleh mahasiswa untuk memperoleh informasi, pengalaman atau ketrampilan.
• sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data, orang atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa.

Media cetak
Kelemahan :
Kelemahannya terkadang
penulisan buku belum baik dan isinya sulit dipahami oleh sebagian siswa






step 7 ( FINAL ! )


1. learning resource

a. definisi :
* semua sumber belajar yg dapat dipakai mhssw utk memmperoleh informasi, pengalaman / ketrampilan utk mencapi tujuan belajar.
* smw sumber baik berupa data baik orang dan wujud terentu yg dpat digunakan oleh peserta belajar shg memmpermudah peserta belajar.
* sumber belajar mencakup apa saja yg dapat digunakan utk memmbantu tiap orang utk belajar dan menampilkan kompetensinya.
Kesimpulannya :
”Semua sumber belajar yg dipakai utk mencapai tujuan belajar.”

b. tujuan digunakanya LR :
* utk meningkatkan produktivitas pembelajaran.
* utk pencapaian hasil pembelajaran siswa.

c. manfaat :
* memperkaya pengalaman belajar
* lebih memantapkan pembelajaran
* menimbulkan pemahan yg mendalam dlm belajar
* mempermudah dlm pembelajaran.
* memberikan dasar lebih ilmiah terhadap pembelajaran.
* memberikan pembelajaran yg sifatnya individual.
* meningkatkan ketrampilan berfikir.
* memungkinkan penyajian pendidikan yang lebih luas.

d. cara mendapatkan :
* browsing internet
* aktif mencari bahan diperpustakaan.
* bertanya kpd orang yg lebih ahli di bidangnya.
* seminar


e. macam2 :
* sumber belajar yg dirancang (sdh diarahkan)
* sumber belajar yg di manfaatkan
* media cetak : buku-buku,
* media elektronik : tv, radio, laboratorium bahasa, CD, jurnal elektronik, perpustakaan online. Internet.
* lingkungan : museum, peninggalan sejarah,
* orang ; dosen, guru, tokoh masyarakat.

f. alasan digunakan LR :
* utk kepentingan proses & pencapaian hasil pembelajaran.
* dpt memberikan dasr yg lebih ilmiah terhadap pembelajaran.

g. dampak tidak menggunakan learning resource :
* pembelaran tidak mungkin dapat dilakukan dg optimal.
* tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yg maksimal.

h. kapan digunakannya sumber belajar :
* saat proses pembelajarn berlangsung.

i. bagaimana sumber belajar yg ideal ? :
* mudah diakses semua orang
* sesuai dg tujuan & fleksibel
* most up2date !


2. komputer dengan fasilitas internet

a. bentuk informasi yg didapat dr internet :
* jurnal (laporan yg berdasr penelitian)
* E-book ( suatu buku yg diterbitkan secara fisik & di konversiakan k dalam buku digital yg biasanya dalam bentul file pdf )
* hasil riset (hasil dari suatu penelitian )

b. manfaat :
* memudahkan mendapatkan hasil riset yg lengkap
* arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa batasan.
* dpt membantu mempermudah dalam mencari sumber belajar yg efektif.
* mendapatkan informasi global.

c. kendala :
* kurang berkembangnya internet utk pendidikan
* perlu latihan khusus
* kurangnya sarana & pengetahuan
* waktu lama
* biaya tinggi.

d. kelebihan :
* up 2 date
* informasi global
* mudah


e. kekurangan :
* sama dg kendala

f. cara mengakses :
* menggunakan search engine ; google, yahoo, wikipedia dll
* mencari jurnal dg format pdf (menambahkan .pdf dibelakang key word)


3. media cetak

a. jenis sumber belajar yang bisa digolongkan dlm media cetak :
* buku(ISBN) , majalah (ISSN )
* jurnal

b. cara mendapatkannyaaaa :
* ke perpustakaan  dg mencari kartu katalog utk memudahkan pencarian
* toko buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar