Jumat, 11 Februari 2011

BLOK 6 LBM 3


1.    Cranial
a)      Definisi: tulang yang terdiri dari os.kranii dan os. Fasial
b)      Fungsi: melindungi organ yg ada didalamnya terutama otak, utuk melindungi panca indra,khusnya untuk indra penciuman , pendengaran, berfikir,
c)       Letak: superior tubuh
d)      Macam
* Tulang dahi (os frontale)
* Tulang kepala belakang (os occipitale)
* Tulang ubun-ubun (os parietale)
* Tulang tapis (os ethmoidale)
* Tulang baji (os sphenoidale)
* Tulang pelipis (os temporale)
       e) Anatomi dan fisiologisnya
Tengkorak merupakan ruangan keras yang tidak memungkinkan perluasan isi intrakranial. Tulang sebenarnya terdiri dari dua dinding atau tabula yang dipisahkan oleh tulang berongga. Dinding luar disebut tabula eksterna, dan dinding bagian dalam disebut tabula interna. Struktur demikian memungkinkan suatu kekuatan dan isolasi yang lebih besar, dengan bobot yang lebih ringan. Tabula interna mengandung alur-alur yang berisikan arteri meningea anterior, media dan posterior. Apabila fraktur tulang tengkorak menyebabkan terkoyaknya salah satu dari arteri-arteri ini, perdarahan arterial yang diakibatkannya, yang tertimbun dalam ruang epidural, dapat menimbulkan akibat yang fatal kecuali bila ditemukan dan diobati dengan segera. Fraktur basilar paling sering mangenai atap orbita, tulang sphenoid atau sebagian tulang temporal. Tulang-tulang di sekitar foramen magnum, suatu lubang di dasar tengkorak tempat masuknya medulla spinalis dan batang otak, menjadikan resiko uantuk terjadinya perdarahan dan kerusakan saraf kemungkinan dapat terjadi.5,6
Patofisiologi
Tulang tengkorak terdiri dari tiga lapisan, yaitu :(6)
                  1.Tabula eksterna
                  2.Diploe
                  3.Tabula interna

             Tengkorak dibentuk oleh tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama
            lain dengan perantaraan sutura. Tulang tengkorak terdiri dari tiga lapisan yaitu
            tabula eksterna, diploe dan tabula interna. Pada orang dewasa ketebalan dari          tulang tengkorak bervariasi antara tiga milimeter sampai dengan 1,5 centimeter,          dengan bagian yang paling tipis terdapat pada daerah pterion dan bagian yang          paling tebal pada daerah protuberantia eksterna.Tulang tengkorak dibagi menjadi           dua bagian yaitu Neurocranium (tulangtulang yang membungkus otak otak) dan    Viscerocranium (tulangtualng yang membentuk wajah). Neurocranium terdiri atas    tulang-tulang pipih yang berhubungan satu dengan yang lain.
            Ada tiga macam sutura yaitu :
            1. Sutura serrata, dimana tepi dari masing-masing tulang berbentuk sebagai       gigi-gigi gergaji dan gigi-gigi ini saling berapitan.
          2. Sutura skualosa, dimana tepi dari masing-masing tulang menipis dan       saling   menutupi.
            3. Sutura harmoniana atau sutura plana, dimana tepi dari masing-masing     tulang lurus dan saling tepi menepi.
            Neuroccranium dibentuk oleh :
          1. Os. Frontale
            2. Os. Parietale
            3. Os. Temporale
            4. Os. Sphenoidale
            5. Os. Occipitalis
            6. Os. Ethmoidalis
            Viscerocranium dibentuk oleh :
            1. Os. Maksilare
            2. Os. Palatinum
            3. Os. Nasale
            4. Os. Lacrimale
            5. Os. Zygomatikum
            6. Os. Concha nasalis inferior
            7. Vomer
            8. Os. Mandibulare

e)      Perbedaan tulang cranial pda laki-laki dan perempuan

Perbedaan tulang tengkorak pada pria dan wanita dewasa
            Tengkorak wanita sedikit lebih lebih ringan dan lebih kecil dibandingkan
            dengan pria, dindingnya lebih tipis. Glabela, arkus superciliare dan procesus
          mastoideous kurang menonjol dibandingkan pria, dan sius-sius paranasal    lebih    kecil.
            Bentuk wajah lebih bulat, tulang wajah lebih halus dan gigi-gigi pada maksila         dan mandibulla lebih kecil.Ketebalan tulang pada pria semakin tua semakin           bertambah tebal, sedangkan pada wanita semakin tua semakin bertambah     tipis.


2.    Fasial
a)      Definisi: tulang yg member bentuk wajah dan tidak bersentuhan langsung dg otak,merupan bagian cranial
b)      Fungsi: member bentuk pada wajah, membantu pd proses pengunyahan,melakatnya otot dan tulang mata,melindungi organ pernafasan,tempat tumbuhnya gigi
c)       Letak: anterior dari tulang cranial
d)      Macam – macam  dan jenis tulang fasial
* Tulang hidung (os nasale)
* Tulang langit-langit (os pallatum)
* Tulang air mata (os lacrimale)
* Tulang rahang atas (os maxilla)
* Tulang rahang bawah (os mandibula)
* Tulang pipi (os zygomaticum)
* Tulang lidah (os hyoideum)
* Tulang pisau luku (os vomer)
e)      Perkembangan cranium dan rangka wajah
Tulang tengkorak (cranium) berkembang dari jaringan mesenkim di sekitar otak primitif.
Cranium terdiri dari neurocranium (melapisi otak) dan viscerocranium
(tulang-tulang wajah).

Perkembangan Cranium
Tulang-tulang yang membentuk calvaria dan beberapa bagian dasar tengkorak berasal dari perkembangan penulangan intramembran (membranous ossification), sedangkan hampir keseluruhan pembentuk dasar tengkorak merupakan perkembangan dari penulangan endokondral (endochondral ossification). (Moore and Dalley, 1999). Cranium berkembang dari mesenkim disekitar otak yang berkembang. Cranium dibagi menjadi dua bagian meskipun mereka tidak terpisah total secara embriologi., yaitu (a) neurocranium, yaitu tulang-tulang yang melindungi otak, berbentuk kubah besar, berhubungan dengan system saraf pusat dan indera dan (b) viscerocranium, yaitu tulang-tulang yang membentuk wajah, berhubungan dengan alimentary dan respirasi. (Falkner, 1978).


Neurocranium membranosa
Penulangan intramembran yang terjadi pada mesenkim pada sisi lateral dan kap otak membentuk calvaria (atap tengkorak). Sisi dan atap tengkorak berkembang dari mesenkim yang mengelilingi otak dan mengalami penulangan membranosa yang ditandai dengan terdapatnya spikula tulang berbentuk seperti jarum. Spikula ini secara progresif memancar dari pusat penulangan primer ke arah tepi. Dengan berlanjutnya pertumbuhan selama kehidupan janin dan setelah kelahiran, tulang membranosa membesar melalui peletakan lapisan-lapisan baru di atas permukaan luar dan melalui penyerapan osteoklastik yang berturut-turut dari arah dalam.

Neurocranium Kartilaginosa/ Kondrocranium
Bagian tengkorak ini pada permulaan terdiri dari sejumlah tulang (kartilago) yang terpisah-pisah. Bila kartilago ini menyatu dan menulang oleh pertulangan endokondral, maka terbentuk dasar tengkorak.

Dasar tulang occipitale dibentuk oleh kartilago parakondral dan badan ketiga sklerotom occipital. Ke arah mulut dari lempeng dasar occipitale ditemukan kartilago hipofisis dan trabecula cranii. Kartilago hipofisis membentuk daerah sekitar hipofisis atau glandula pituitary, ia juga menyatu untuk membentuk corpus os sphenoidale. Trabeculae cranii berfusi dan membentuk os ethmoidale yang meluas dari daerah hidung hingga batas depan foramen magnum.

Sejumlah pemadatan mesenkim lainnya timbul di kanan dan kiri lempeng tengah. Paling ujung ke arah mulut, ala orbitalis, membentuk sayap kecil (ala parva) os sphenoidale. Ke caudal, ia diikuti oleh ala temporalis yang membentuk sayap besar (ala magna) os sphenoidale. Unsur ketiga sampai perotik, membentuk pars petrosa dan pars mastoidea os temporale. Ketiga unsur ini kemudian menyatu dengan lempeng tengah dan satu dengan yang lainnya, kecuali pada pembukaan dimana saraf otak meninggalkan tengkorak (foramen opticum). (Sadler, 1993). Kapsul otic (otic capsules) muncul di sekitar telinga dalam yang sedang berkembang atau otic vesicles dan membentuk pars petrosa dan pars mastoidea os temporale. Kapsul nasal (nasal capsule) berkembang di sekitar cavum nasal dan berperan dalam membentuk os ethmoidale. (Moore & Al Azzindani, 1982).


Dasar Tengkorak (Cranial Base)

Dasar tengkorak secara garis besar tersusun oleh pembentukan tulang melalui penulangan precursor kartilago. Dasar tengkorak terbentuk dari pars basilaris os occipitale, os sphenoidale, pars petrosa os temporale dan os ethmoidale. Mekanisme pertumbuhan postnatal terutama ditemukan pada region yang mengalami osifikasi endokondral. Misalnya pada sphenooccipitale synchondrosis yang aktif hingga usia 12-15 tahun dan bergabung pada usia 17-20 tahun. Penggantian kartilago pada tempat ini berhubungan dengan pertumbuhan ke depan pada seluruh segmen anterior cranium. Gerakan ke anterior dengan cara ini menyebabkan kenaikan dimensi anteroposterior nasofaring dan membawa tulang-tulang wajah bagian atas untuk maju. Pada saat yang sama, fossa mandibula (tempat bersendi dengan processus condyloideus) menjadi lebih kea rah posterior dan inferior. lalu, pertumbuhan anteroposterior mandibula harus lebih besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan maxilla, jika pertumbuhan gigi dan oklusi benar.
f)       Anatomi dan fisiologisnya
Otak merupakan jaringan yang konsistensinya kenyal menyerupai agar-agar
dan terletak di dalam ruangan yang tertutup yang disebut cranium atau tulang
tengkorak, yang secara absolut tidak dapat bertambah volumenya, terutama pada
orang dewasa. Jaringan otak dilindungi oleh beberapa pelindung mulai dari
permukaan luar adalah rambut, kulit kepala tulang tengkorak, lapisan meningen dan
cairan serebro spinalis.
Yang akan dibicarakan pada makalah ini adalah tulang tengkorak atau biasa
disebut tengkorak saja. Diharapkan dengan mengetahui anatomi dari tengkorak kita
dapat melakukan tindakan operasi dengan benar, sehingga dapat mengurangi
kemungkinan kerusakan yang akan timbul akibat tindakan operasi pada daerah
kepala.
Untuk mempelajari tengkorak dapat dilihat dari berbagai posisi diantaranya
dari atas norma vertikalis, dari depan atau norma frontalis, dari belakang atau
norma occipitalis dan dari samping atau norma lateralis. Untuk melihat bagian dalam
dari tengkorak biasanya dibuat potongan garis yang melalui bagian bawah orbita dan
bagian atas meatus acusticus eksternus yang disebut Franfurt Plane, yang akan
membagi tengkorak menjadi bagian atas atau calvaria/skull cap dan bagian bawah
tengkorak atau skull base.
Tengkorak dibentuk oleh tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama
lain dengan perantaraan sutura. Tulang tengkorak terdiri dari tiga lapisan yaitu
tabula eksterna, diploe dan tabula interna. Pada orang dewasa ketebalan dari tulang
tengkorak bervariasi antara tiga milimeter sampai dengan 1,5 centimeter, dengan
bagian yang paling tipis terdapat pada daerah pterion dan bagian yang paling tebal
pada daerah protuberantia eksterna.
Tulang tengkorak dibagi menjadi dua bagian yaitu Neurocranium (tulangtulang
yang membungkus otak otak) dan Viscerocranium (tulangtualng yang
membentuk wajah). Neurocranium terdiri atas tulang-tulang pipih yang berhubungan
satu dengan yang lain.
Ada tiga macam sutura yaitu :
1. Sutura serrata, dimana tepi dari masing-masing tulang berbentuk sebagai gigi-gigi
gergaji dan gigi-gigi ini saling berapitan.
2. Sutura skualosa, dimana tepi dari masing-masing tulang menipis dan saling
menutupi.
3. Sutura harmoniana atau sutura plana, dimana tepi dari masing-masing tulang
lurus dan saling tepi menepi.
Neuroccranium dibentuk oleh :
1. Os. Frontale
2. Os. Parietale
3. Os. Temporale
4. Os. Sphenoidale
5. Os. Occipitalis
6. Os. Ethmoidalis
Viscerocranium dibentuk oleh :
1. Os. Maksilare
2. Os. Palatinum
3. Os. Nasale
4. Os. Lacrimale
5. Os. Zygomatikum
6. Os. Concha nasalis inferior
7. Vomer
8. Os. Mandibulare


g)      Festibulum oris(LI)
Ruangan di antara mukosa pipi bagian dalam dan gigi
3.     Fraktur
a)      Definisi: terputusny kontinitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasny,lebih sering laki2 dri pada perempuan,rentan pda usia 40 keatas,putusan hub.normal atau tulang rawan yg disebabkan benda tumpul atau kerasan
b)      Jenis – jenisnya
A. Menurut Depkes RI (1995), berdasarkan luas dan garis traktur meliputi:
1) Fraktur komplit adalah patah atau diskontinuitas jaringan tulang yang luas sehingga tulang terbagi menjadi dua bagian dan garis patahnya menyeberang dari satu sisi ke sisi lain serta mengenai seluruh korteks.
2) Fraktur inkomplit adalah patah atau diskontinuitas jaringan tulang dengan garis patah tidak menyeberang, sehingga tidak mengenai seluruh korteks (masih ada korteks yang utuh).
B. Menurut Black dan Matassarin (1993) yaitu fraktur berdasarkan hubungan dengan dunia luar, meliputi:
1) Fraktur tertutup yaitu fraktur tanpa adanya komplikasi, kulit masih utuh, tulang tidak keluar melewati kulit.
2) Fraktur terbuka yaitu fraktur yang merusak jaringan kulit, karena adanya hubungan dengan lingkungan luar, maka fraktur terbuka potensial terjadi infeksi. Fraktur terbuka dibagi menjadi 3 grade yaitu:
a) Grade I : Robekan kulit dengan kerusakan kulit dan otot.
b) Grade II : Seperti grade I dengan memar kulit dan otot.
c) Grade III : Luka sebesar 6-8 cm dengan kerusakan pembuluh darah, syaraf, otot dan kulit.
C. Long (1996) membagi fraktur berdasarkan garis patah tulang, yaitu:
1) Green Stick yaitu pada sebelah sisi dari tulang ( retak dibawah lapisan periosteum) / tidak mengenai seluruh kortek, sering terjadi pada anak-anak dengan tulang lembek.
2) Transverse yaitu patah melintang ( yang sering terjadi ).
3) Longitudinal yaitu patah memanjang.
4) Oblique yaitu garis patah miring.
5) Spiral yaitu patah melingkar.
6) Communited yaitu patah menjadi beberapa fragmen kecil
D. Black dan Matassarin (1993) mengklasifikasi lagi fraktur berdasarkan kedudukan fragmen yaitu:
1) Tidak ada dislokasi.
2) Adanya dislokasi, yang dibedakan menjadi:
a. Disklokasi at axim yaitu membentuk sudut.
b. Dislokasi at lotus yaitu fragmen tulang menjauh.
c. Dislokasi at longitudinal yaitu berjauhan memanjang.
d. Dislokasi at lotuscum controltinicum yaitu fragmen tulang menjauh dan over lapp ( memendek ).

c)       Penyebab fraktur
A. Fraktur karena peristiwa trauma.
Sebagian fraktur disebabkan oleh kekuatan yang tiba-tiba / mendadak dan berlebihan yang dapat berupa pemukulan, penghancuran, perubahan pemuntiran atau penarikan. Bila tekanan kekuatan secara langsung, tulang dapat patah pada tempat yang terkena dan jaringan lunak juga pasti akan ikut rusak. Pemukulan biasanya menyebabkan fraktur melintang dan kerusakan pada kulit diatasnya. Penghancuran kemungkinan akan menyebabkan fraktur komunitif disertai kerusakan jaringan lunak yang luas.
B. Fraktur karena tekanan berulang.
Retak dapat terjadi pada tulang seperti halnya pada logam dan benda lain akibat tekanan berulang-ulang. Keadaan ini paling sering dikemukakan pada tibia, fibula atau matatarsal terutama pada atlet, penari atau calon tentara yang berjalan baris-berbaris dalam jarak jauh.
C. Fraktur patologik karena kelainan tulang.
Fraktur dapat terjadi oleh tekanan yang normal kalau tulang tersebut lunak (misalnya oleh tumor) atau tulang-tulang tersebut sangat rapuh (osteoporosis).
d)      gejala fraktur
                                paloor; pucat atau berubah warna pada luka
                                pain: rasa sakit
                                paralisis : lumpuh
                                parasthesia : kesemutan
                                pulselessnes : tak ada denyut
Lewis (2006) menyampaikan manifestasi klinik fraktur adalah sebagai berikut:
A. Nyeri
Nyeri dirasakan langsung setelah terjadi trauma. Hal ini dikarenakan adanya spasme otot, tekanan dari patahan tulang atau kerusakan jaringan sekitarnya.
B. Bengkak / edema.
Edema muncul lebih cepat dikarenakan cairan serosa (protein plasma) yang terlokalisir pada daerah fraktur dan extravasi daerah di jaringan sekitarnya.
C. Memar / ekimosis
Merupakan perubahan warna kulit sebagai akibat dari extravasi daerah di jaringan sekitarnya.
D. Spame otot
Merupakan kontraksi otot involunter yang terjadi disekitar fraktur.
E. Penurunan sensasi
Terjadi karena kerusakan syaraf, tertekannya syaraf karena edema.
F. Gangguan fungsi
Terjadi karena ketidakstabilan tulang yang fraktur, nyeri atau spasme otot, paralysis dapat terjadi karena kerusakan syaraf.
G. Mobilitas abnormal
Adalah pergerakan yang terjadi pada bagian-bagian yang pada kondisi normalnya tidak terjadi pergerakan. Ini terjadi pada fraktur tulang panjang.
H. Krepitasi
Merupakan rasa gemeretak yang terjadi jika bagian-bagaian tulang digerakkan.
I. Deformitas
Abnormalnya posisi dari tulang sebagai hasil dari kecelakaan atau trauma dan pergerakan otot yang mendorong fragmen tulang ke posisi abnormal, akan menyebabkan tulang kehilangan bentuk normalnya.
J. Gambaran X-ray menentukan fraktur
Gambaran ini akan menentukan lokasi dan tipe fraktur
6. KOMPLIKASI
Komplikasi akibat fraktur yang mungkin terjadi menurut Doenges (2000) antara lain:
A. Shock Neurogenik
Pada fraktur sering terjadi nyeri yang sangat hebat terutama apabila penanganan awal dilakukan dengan cara yang kurang benar ( cara mengangkat, pembidaian dan pengangkutan ). Shock bisa juga terjadi sebagai kompensasi jika terjadi perdarahan hebat.
B. Infeksi
Biasanya terjadi pada fraktur akibat trauma dan berupa fraktur terbuka. Kerusakan jaringan lunak akan memudahkan timbulnya infeksi baik pada jaringan lunak itu sendiri maupun sampai di jaringan tulang itu sendiri ( osteomyelitis ).
C. Nekrosis divaskuler
Jaringan nekrosis bila masuk ke pembuluh darah vaskuler akan menjadi emboli dan dapat mengganggu system peredaran darah dibawahnya.
D. Cedera vaskuler dan saraf
Cedera vaskuler dan saraf pada kondisi fraktur dapat terjadi baik secara langsung oleh trauma bersamaan dengan terjadinya fraktur, ataupun secara tidak langsung karena tertusuk fragmen tulang atau tertekan edem disekitar fraktur.
E. Mal union
Mal union dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain interposisi jaringan lunak, fraktur communited, fraktur tulang dengan vaskulerisasi kurang baik, reposisi kurang baik, immobilisasi yang salah dan infeksi.
F. Luka akibat tekanan
Luka ini biasanya timbul pada fase immobilisasi karena pasien tidur dengan posisi menetap dalam jangka waktu yang lama.
G. Kaku sendi
Hal ini terjadi apabila sendi – sendi disekitar fraktur tidak / kurang digerakkan sehingga terjadi perubahan synovial sendi, penyusutan kapsul, inextensibility otot, pengendapan callus dipermukaan sendi dan timbulnya jaringan fibrous pada ligament.

DAFTAR PUSTAKA
library.usu.ac.id/download/fk/bedah-iskandar54.pdf
Setiadi. 2007.Anatomi & Fisiologi Manusia..Graha Ilmu : Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar